Ketidaksengajaan yang justru mencetuskan konsep game modern

Kadang kesuksesan datang dari arah yang tidak kita perkirakan sebelumnya. Begitu pula yang terjadi dengan dunia game. Beberapa konsep modern yang bisa kita temui dalam game masa kini bermula dari sebuah ketidaksengajaan atau bahkan keteledoran para programmer dan staff game tersebut. Inilah beberapa ketidaksengajaan yang justru menciptakan hal-hal penting bagi revolusi industri video game.

Badan Seksi Lara Croft
http://hermawayne.blogspot.com
Memang game ini terkenal bukan karena ukuran dada Lara yang besar, namun karena ketidaksengajaan Toby Gard, sang desainer karakter Lara Croft, karakter ciptaannya ini menjadi karakter simbol sex terkenal hingga sekarang. Toby Gard, tengah mengutak-atik desain poligon karakter utama Tomb Raider ini, ketika mousenya kepeleset sehingga mengakibatkan bagian dada wanita ini menjadi berukuran lebih besar 150 persen dari ukuran yang seharusnya. Kecacatan ini ternyata justru dipertahankan karena staff-staff lainnya (yang laki) meminta dirinya tidak merubah ukuran cup Lara.

Setelah game ini diluncurkan dan ternyata booming di masyarakat, munculah quote baru dari tim pembuat game ini, "Kecelakaan desain '150' Gard, membuat pemilihan strategi marketing jadi cukup mudah."

Game Balapan Cikal Bakal Grand Theft Auto
http://hermawayne.blogspot.com
DMA Design, yang sekarang telah berganti nama menjadi Rockstar Games sedang mengerjakan sebuah game balap bertajuk Race and Chase. Ketika dicoba oleh para team tester, mereka merasa game ini membosankan dan tidak menarik. Kecuali adanya sebuah kekeliruan pada AI, yang membuat polisi pada game ini akan secara kasar dan terus-menerus menabrak mobil pemain hingga keluar dari jalanan. Kekeliruan AI ini malah membuat para tester ketagihan. Bukan karena balapannya, melainkan karena keasykan melihat kejar-kejaran brutal yang terjadi di dalam game.

Akhirnya dirombaklah game ini menjadi game baru dengan judul Grand Theft Auto, yang hingga kini terus berevolusi menjadi game open world terbaik dan paling sukses yang pernah ada. Lucunya, kesuksesan ini dimulai karena staff mereka tidak bisa membuat AI polisi dengan baik.

Space Invaders, Game Yang Terlalu Berat Untuk Hardware Masa Itu
http://hermawayne.blogspot.com
Pada tahun 1978, game ini bisa dibilang sangat revolusioner, bahkan seroang pentolan Nintendo, Shigeru Miyamoto, mengatakan game ini menimbulkan revolusi industri game. Pada awalnya rancangan permainan ini sesimpel menembak alien yang berbaris dengan konyolnya untuk ditunggu ditembak satu persatu oleh pemain sampai habis. Tak disangka, jumlah alien yang semakin menipis ternyata membuat kinerja processor menjadi semakin lega. Akibatnya FPS (frame per second) game ini menjadi lebih baik, dan alien-alien retro tersebut menjadi berjingkatan lebih cepat sehingga makin sulit untuk ditembak.

Ketersediaan hardware ketika itu memang sangat terbatas di Jepang. Perancangnya, Tomohiro Nishikado menghabisakan waktu setahun penuh mengembangkan hardware khusus untuk mengangkat game ini. Space Invaders bagaikan game Crysis masa itu. Nah, ketidakstabilan performa yang mengakibatkan game bergerak lebih cepat ini membuat Tomohiro terkesan. Hal ini membuat game menjadi semakin menantang dari waktu ke waktu. Inilah yang membuat revolusi dunia gaming. Karena Space Invader adalah game pertama dimana permainan akan menjadi semakin sulit seiring berjalannya permainan.

Kekecewaan Staff yang Melahirkan Easter Egg
http://hermawayne.blogspot.com
Awal tahun 80-an, Atari masih merupakan perusahaan kelas teri. Kebanyakan game dibuat hanya oleh 1 orang dan bahkan nama mereka tidak dicantumkan dalam creditnya. Salah satu kreator game, Warren Robinett yang bekerja membuat game RPG jaman jebot berjudul Adventure, mempunyai ide kreatif untuk mengukir namanya diam-diam di dalam game yang ia buat. Robinett, programmer solo game tersebut mengetahui adanya kekurangan pada hardware yang mengakibatkan apabila terlalu banyak objek ditampilkan dalam 1 layar, gambar di layar akan mulai berkedap kedip.

Ia memutuskan untuk memanfaatkan kekurangan ini dengan menciptakan satu item rahasia: Sebuah kotak berukuran 1x1 pixel yang berwarna sama dengan lantai sehingga kotak itu akan tersembunyi secara sempurna. Nah, apabila ada pemain berhasil menemukan yang membawa kotak itu dan membawanya ke bagian lain dari area bawah tanah game ini, efek kedap-kedip akan mulai muncul di layar sehingga efek tersebut akan memperlihatkan adanya tembok rahasia yang bisa ditembus pemain untuk masuk ke sebuah ruangan baru dengan tulisan"Created by Warren Robinett".

Maka dengan ini lahirlah Eeaster Egg pertama di dunia gaming. Ketika pihak Atari menemukannya, semuanya telah terlambat. Terlalu memakan biaya apabila mereka harus menarik kembali semua cartridge, jadi mereka hanya menyebut itu sebagai sebuah "nilai tambahan". Robinett beruntung sudah keluar dari perusahaan ketika itu.

Sistem Combo yang Ditemukan Dengan Tidak Sengaja dalam Game Street Fighter
http://hermawayne.blogspot.com
Ketika membangun game Street Fighter II, produser Noritaka Funamizu menyadari adanya bug dimana pemain dapat melayangkan 2 pukulan tambahan dalam sebuah gerakan. Ia menemukannya dalam stage bonus menghancurkan kendaraan (Gamer generasi konsol Sega pasti tahu dengan yang satu ini). Apabila pemain menekan tombol dengan waktu yang tepat, ia akan mengeluarkan beberapa pukulan tambahan. Dan tentu saja dalam game multi player semacam ini, pemain yang berhasil mengeskploitasi bug ini akan mendapat keuntungan lebih.

Noritaka membiarkan bug ini tetap ada karena menyangka terlalu sulit bagi pemain untuk menemukan bug ini. Staff yang lain juga tidak diberitahunya. Namun ia terbukti terlalu meremehkan hal ini, dan combo perdana ini menjadi populer di kalangan gamer. Di edisi Street Fighter selanjutnya, bug ini diangkat menjadi fitur resmi yang terus berlanjut hingga sekarang.

Programmer Yang Payah Dalam Bermain Game Memperkenalkan Kode Konami
http://hermawayne.blogspot.com
Kazuhisa Hashimoto, salah serorang dari pencipta game super duper sulit, Gradius, frustasi ketika pesawatnya hancur tanpa kesudahan ketika ia menguji game yang ia kerjakan sendiri. Ia lalu berpikir, "Bodo amat, kan gue programmernya!" Ia pun menciptakan sebuah kode yang apabila ditekan seseuai urutan akan memberinya semua power-up, sehingga ia pun bisa melanjutkan testing permainannya dengan riang gembira.

Dan hingga game ini diluncurkan, ia tak menghapus kode rahasia ini. Kode game inilah yang sangat terkenal ketika itu dengan sebutan Kode Konami (atas, atas, bawah, bawah, kiri, kanan, kiri, kanan, B, A, Start). Bagi yang dulu pernah bermain game Contra, pasti bohong kalo bilang pernah namatin game ini dari awal tanpa mengenal kode di atas.

Yup, inilah asal muasal kode legendaris ini beredar. Kini Kode Konami bisa dijumpai di berbagai macam tempat di dunia maya.

Sumber : kaskus.us

10 Film Terlaris Sepanjang Tahun 2011

Banyak film Hollywood yang dirilis pada tahun 2011 ini. Mulai dari kisah cinta vampir dengan manusia, hingga kawanan monyet yang berusaha menguasai dunia. Film apa saja yang masuk daftar sebagai film terlaris tahun 2011
sebagai berikut :


1. Harry Potter and the Deathly Hallows

Spoiler for :



Film Harry Potter and the Deathly Hallows, Part 2 sukses meraup pendapatan pendapatan lebih dari 1 miliar dollar AS dalam 17 hari masa penayangannya di seluruh dunia.

Di akhir pekan lalu saja, film tentang bocah penyihir ini mampu meraup pemasukan sampai 66,4 juta dollar AS. CEO Warner Bros Jeff Bewkes, Selasa (2/8/2011) di Los Angeles, mengatakan, film Harry Potterand the Deathly Hallows, Part 2 yang dirilis pada 13 Juli ini sudah memecahkan rekor pendapatan perusahaan pada tanggal 31 Juli.

Film yang banyak digemari oleh remaja dan orang dewasa itu juga turut mendongkrak pemasukan Warner Bros di kuartal II-2011 sebesar 9 persen, menjadi 3,5 miliar dollar AS


2. Transformers: Dark of The Moon


Spoiler for :



Transformers: Dark of the Moon melesat ke puncak box office dengan perolehan USD97,4 juta. Angka itu mencetak rekor baru box office Amerika dan menggeser dominasi Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides.

Transformers: Dark of the Moon mencetak rekor baru perolehan pendapatan USD97,4 hanya seminggu sejak dirilis. Itu membuat film fiksi ilmiah ini membukukan pendapatan terbesar sepanjang tahun ini dan menggeser Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides dengan USD90,2 juta.

Film Transformers ketiga itu juga mengukuhkan diri sebagai film dengan pendapatan terbesar di hari peringatan ulang tahun Amerika (mengalahkan Spider-man 2 dengan USD88,2 juta) dan film dengan pendapatan terbesar di pekan awal Juli (mengalahkan The Dark Knight dan Pirates of the Caribbean: Dead Man’s Chest).

Transformers 3 yang menelan biaya produksi USD195 juta diharapkan mengantongi perolehan USD116 juta dalam empat pekan liburan ke depan dengan akumulasi USD181 juta. Walau begitu, Transformers 3 ini tetap tidak bisa mengungguli pendahulunya, Transformers: Revenge of the Fallen, yang meraup USD214,9 juta hanya di enam hari pertama sejak dirilis.

3. Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides

Spoiler for :


Seri keempat dari film Pirates of the Caribbean yang berjudul On Stranger Tides, sesuai prediksi langsung berhasil menjadi jawara di puncak box office chart.
Bahkan film Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides berhasil mendapatkan pendapatan $90.1 juta diminggu yang pertama. Jumlah yang lebih besar dari film yang sudah lebih dahulu masuk chart seperti Bridesmaids, Priest, Jumping the Broom, Something Borrowed, Water for Elephants dan Madea’s Big Happy Family.

4. kungFu Panda 2

Spoiler for :


Kung Fu Panda 2 awalnya memiliki judul Kaboom of Doom, yang merupakan sebuah film animasi asal amerika serikat.filem animasi 3D ini mulai di putar pada 26 Mei 2011 kemaren. film kung fu panda 2 ini sebenarnya adalah lanjutan dari seri sebelumnya yang juga bernama Kung Fu Panda. dan orang-orang yang ada dibalik layar pun juga banyak yang masih sama pada saat pengerjaan film kung Fu Panda pertama.Sutradara = Jennifer Yuh Nelson
Produser = Melissa CobbGuillermo Del Toro
Penulis = Jonathan AibelGlenn Berger
Pemeran Jack BlackMusik oleh Hans ZimmerJohn PowellStudio DreamWorks
Animation Distributor Paramount Pictures
Tanggal rilis = 26 Mei 2011(Amerika Serikat)27 Mei 2011(Kanada)
Durasi = 90 menit
Negara = Amerika Serikat
Bahasa = Bahasa Inggris
Anggaran = AS$150 juta
Pendapatan kotor $5,800,000.

5.The Twilight Saga: Breaking Dawn – Part 1

Spoiler for :


Seri paling akhir franchise film “Twilight Saga” telah mengejutkan industri perfilman pada akhir pekan lalu, dengan perkiraan penghasilan 139,5 juta dolar AS dari berbagai bioskop Amerika Utara, dan berakhir sebagai film dengan penghasilan tertinggi.

6. Fast Five

Spoiler for :


Film beranggaran besar pertama pada musim panas, “Fast Five”, memecahkan rekor baru saat mengumpulkan 83,6 juta dolar AS pada akhir pekan pertamanya di berbagai gedung bioskop, demikian perkiraan industri perfilman Minggu (1/5).

Penjualan tiket buat volume kelima dalam serial kejar-kejaran mobil dengan kecepatan tinggi menandai premier terbesar buat film apa pun sepanjang tahun ini, dan melampaui penghasilan film baru lain pekan lalu.

7. The Hangover Part II

Spoiler for :


The Hangover-Part II melesat ke puncak box office Amerika akhir pekan ini dengan meraih pendapatan tertinggi senilai USD86,4 juta (Rp734,6 miliar).

Film komedi yang dirilis dua tahun setelah film pertama itu dirilis pada Kamis lalu, dan diperkirakan telah meraup pendapatan USD118 juta selama empat hari. Dari hasil tersebut, The Hangover-Part II menjadi debut komedi terbaik yang pernah ada selama akhir pekan.

Kung Fu Panda 2 adalah film yang juga baru dan langsung bertengger di posisi kedua dengan pendapatan USD48 juta (Rp410 miliar).

Tak ketinggalan film Pirates of the Caribbean: On Stranger Tides yang duduk di posisi ketiga setelah hanya seminggu di tempat teratas dengan perolehan USD39,3 juta.

8.The Smurfs

Spoiler for :


Hollywood tak pernah menyangka jika film animasi ‘The Smurfs 3D’ mendapat sambutan yang luar biasa dari penikmat film di seluruh dunia. Sony Pictures baru saja mengumumkan pendapatan total film tersebut yang mencapai US$ 500,28 juta atau sekitar Rp 4,5 triliun.

Sejak pertama dirilis di bioskop Amerika Serikat pada 29 Juli lalu, film yang disutradarai Raja Gosnell itu langsung berada di puncak box office bersama dengan ‘Cowboys & Aliens’. Demikian dilansir Deadline, Senin (26/9/2011).

Selain karakter animasi, ‘The Smurfs 3D’ menampilkan Neil Patrick Harris, Hank Azaria, Jayma Mays, dan Sofa Vergara. Penyanyi Katy Perry mengisi suara si pirang Smurfette tanpa proses audisi.

Melihat kesuksesan itu, tim produksi langsung berencana membuat sekuelnya. Nama Jordan Kerner santer disebut sebagai produser, namun plot film tersebut masih dirahasiakan. ‘The Smurfs 2′ rencananya akan dirilis di bioskop Amerika Serikat pada Agustus 2013.

‘The Smurfs’ pertama kali muncul dalam komik garapan Pierre Culliford. Sekumpulan makhluk berwarna biru yang tinggal di tengah hutan itu semakin populer ketika tampil di serial animasi yang diputar pada dekade 80-an.


9. Cars 2

Spoiler for :

Film animasi produksi Pixar, ‘Cars 2′ menduduki peringkat pertama box office Amerika Serikat di minggu pertama pemutarannya. Dengan pendapatan US$ 68 juta, film petualangan komedi itu berhasil melampaui prediksi sebelumnya yang diperkirakan menghasilkan US$ 55 juta.


‘Cars 2′ yang merupakan sequel ‘Cars’ juga digarap oleh sutradara John Lasseter. Film tersebut menampilkan aktor Owen Wilson sebagai pengisi suara Lightning McQueen.

10. Rio

Spoiler for :
 

Tahta Box Office periode Jum’at hingga Minggu menempatkan film Rio sebagai jawara.Film Animasi komedi ‘Rio’ menjadi film dengan pendapatan terbesar dalam minggu pertama pemutarannya di seluruh dunia. Film tersebut berhasil meraih 35 juta poundsterling atau sekitar Rp 493 miliar.

Film garapan sutradara Carlos Saldana itu dibuat sebagai tribute untuk kota asalnya di Brazil. Cerita dalam film itu diadaptasi dari petualangan burung macaw lokal yang kembali ke rumahnya.
sumber : http://www.kaskus.us/showthread.php?t=12273130

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...